C76 Group

Clean & Health Business Centre

…. COFFEE BREAK ….Senin, 1 Februari 2010 , mengapa BERHASIL MENJUAL saja BELUM CUKUP

Dear Readers … biar suasana “break” nya berasa .. kita ngobrol dengan bahasa Indonesia saja ya …

Apa khabar ? mari kita ngopi dulu sebentar, khan sudah jam 12.00 siang … saya paling suka kopi “tua” (kopi yang umur penyimpanannya diatas 5 tahun)

Apa beda Sam ? Pasti beda … rasanya tidak asem, harum dan “berat”… mantaap!

Ada fenomena yang menarik yang mendasari saya menulis eBook How To Increase Sales By Using Competitor’s Money (Sudah beli khan… kalau belum buruan ya).

Saya sendiri menghabiskan waktu lebih dari 25 tahun dalam persaingan bisnis….saya berprofesi sebagai salesman, yap … “tukang jualan”…sekaligus wiraswasta …

Saya mempelajari dan lambat laun mengenal bermacam-macam cara dan tehnik penjualan, pembelian, hubungan antar manusia, aneka ragam karakter, sifat dan type manusia, persaingan bisnis … semuanya dari “lapangan”…. bukan sekedar mengutip pengalaman orang lain.

Saya “belajar” banyak tehnik penjualan dari para salesman berkaliber dunia diantaranya seperti Frank Bettger, Joe Girarld dan William Bethel … pencerahannya luar biasa …

Saya pun menerapkannya dalam bisnis saya sendiri, dan hasilnya saya bisa meraih income dan komisi yang mungkin “diatas rata-rata” salesman ( sekedar info saja ya … tahun 1990 an, saya sudah meraih komisi penjualan diatas 15 jutaan/bulan ).. benar-benar “dari atas jalan”!

Maksudnya, di tahun itu pemasaran melalui internet belum banyak dikenal orang, dan HAPE pun hanya para BOSS yang punya (waktu itu namanya TELPON MOBIL dan ukurannya sebesar 1/2 kardus Mie Instan)…

Mesin fax juga cuma “sekretaris Boss” yang bebas menggunakannya … jadi andalan saya dalam membina hubungan adalah KUNJUNGAN, TELPON dan SURAT via POS .. reppoot deh ..

Tapi hal itu menjadikan saya bermental baja, MENGENAL LANGSUNG para OWNER yang menjadi klien perusahaan tempat saya bekerja waktu itu, bahkan MAKAN SIANG/MALAM/PAGI bersama para owner pun sangat sering saya lakukan!!

Itu menjadikan ikatan bisnis kami menjadi sangat erat … tetapi sekarang khan jamannya tehnologi Sam …. tinggal “klik” semua beres ….

Jawaban saya itu bagus !! … tetapi ikatan bisnis yang terjalin antara Anda dan Customer Anda tidak akan kokoh.

Sejak dulu Persaingan Bisnis sudah menjadi hal yang selalu saya garis bawahi dalam melakukan bisnis.

Persaingan bisnis mampu menenggelamkan pebisnis raksasa sekaliber RAJA (minyak,ritel,properti..dll) disamping masalah internal seperti “salah urus” dll.

Seorang relasi pernah meminta saran dari saya dikarenakan sebuah proyeknya senilai USD 900.000/tahun nyaris “disambar” pesaingnya … dan setelah saya analisa, saya berikan sebuah tips “sederhana”, proyek tersebut pun selamat.

“Berhasil Menjual” saja ternyata TIDAK CUKUP, jika kita menyadari bahwa kadangkala kita “TERPAKSA” menjual produk kita dengan profit margin yang sangat tipis sehingga nyaris merupakan KERJA BAKTI semata … hanya karena kerapkali kita berpikir PESAING MUNGKIN akan menjual  dengan harga SEDEMIKIAN RENDAH !!

Bertahun-tahun saya selalu menjual PRODUK APAPUN dengan harga jual yang terkadang jauuhh lebih tinggi dari yang ditawarkan oleh para pesaing terdekat saya …

Saya tidak pernah tertarik untuk melakukan PERANG HARGA, karena hanya menjerumuskan saya kepada masalah baru dan tidak pernah menawarkan solusi …

Nah, sungguh menarik … ternyata INDIA merupakan salah satu negara yang BERHASIL di pasaran ekspor di dunia juga merupakan negara yang mempelajari tentang PERSAINGAN BISNIS dengan serius ….

Dari itulah saya ingin membagikan segala hal yang saya tahu tentang cara “BERSAING” yang MENGUNTUNGKAN …

Ahh..tidak terasa waktu sudah siang, kita sudahi dulu ya …

February 1, 2010 - Posted by | Coffee Break (B.Indonesia)

No comments yet.

Leave a Reply

