C76 Group

Clean & Health Business Centre

… COFFEE BREAK … Rabu, 3 Maret 2010 – SIKLUS MANUSIA (Bagian 16), Perintis Karir … Bersiaplah menyongsong Masa Depan yang Gemilang !!

Alasan :

1. Pendidikan saya terbatas paak … Saya “nggak bisa ngomong Inggris”  paak … Saya “kalah bersaing paak”…

Solusi :

1. Jangan MENETAPKAN UKURAN yang ANDA BUAT SENDIRI, TULIS SAJA surat lamaran kerja nya …

2. COBA lah melamar ke PERUSAHAAN milik PERORANGAN, sebab Anda memiliki kesempatan bertemu langsung dengan OWNER dan BUKAN bagian HRD. Owner biasanya memiliki kebijaksanaan dan lebih luwes dalam menilai potensi tersembunyi yang terdapat pada seseorang, NILAI IJAZAH mungkin penting tapi percayalah itu saja TIDAK CUKUP bagi mereka …

3. Jangan meremehkan perusahaan perorangan yaa, sekalipun PRESIDEN DIREKTUR sebuah perusahaan RAKSASA, dia BELUM TENTU seorang OWNER !!, menurut saya … para OWNER dari GENERASI PERINTIS memiliki “feeling tertentu” yang SANGAT TAJAM mengenai calon karyawannya … jadi, mereka BISA SAJA merekrut seorang lulusan S1 sebagai bagian ADMIN GUDANG sebaliknya lulusan SMA sebagai WAKIL PIMPINAN !!

4. Kalau Anda LEMAH dalam bahasa Inggris, sedangkan perusahaan tersebut menginginkan calon yang MINIMAL bisa berbahasa Inggris secara PASIF, Anda bisa MENGAKUINYA saat WAWANCARA KERJA … caranya bagaimana Sam ?

Begini caranya …, sekali lagi ..tinggal contek dan tiru saja yaa ..

  • TATAP MATA lawan bicara Anda (jangan menunduk karena MINDER yaa), tapi jangan dipelototin juga ya ..
  • KATAKAN DENGAN MANTAP SEPERTI INI !, tapi jangan membentak yaa   … “Pak/Bu, saat ini saya BELUM TERLALU BAIK berbahasa Inggris, TAPI BAPAK  / IBU akan SEGERA MENGETAHUINYA dalam 3 (tiga) Bulan kedepan ..KALAU SAYA AKAN BANYAK SEKALI membuat KEMAJUAN dalam menguasai bahasa Inggris !!  (pada saat DITERIMA  Anda bisa ikut kursus khan, supaya mereka terkesan pada kemajuan yang Anda janjikan .. ingat yaa … ini tentang KARIR ANDA, jadi lakukan dengan sungguh-sungguh)
  • AJUKAN PERTANYAAN mengenai bidang pekerjaan tersebut  (maksimal 5 pertanyaan saja)… misalnya : kapan berdirinya perusahaan, posisi ini nantinya akan ditempatkan dimana, kapan akan ditempatkan, kapan saya bisa mulai bekerja di perusahaan ini (padahal khan Anda BELUM diterima)- naah.. pertanyaan yang ini merupakan pertanyaan yang paling kuat untuk mendukung diterimanya Anda apabila Anda berkesempatan untuk bertemu OWNER nya langsung ..
  • Kalau mereka bertanya soal GAJI , jawaban yang PALING saya SARAN kan adalah SEBUT ANGKA NOMINALnya yang Anda inginkanjawaban yang ini sebaiknya JANGAN dilakukan ..

– Terserah perusahaan saja deh ..

– 10% DIATAS UMR …, lebih baik sebut saja Rp. 1.100.000,- (kalau UMR nya Rp. 1.000.000,-)

– Gaji pokok 1 juta plus uang kesehatan sekian plus … plus … ini terkesan “RIBET”  yaa…(bersambung)

March 3, 2010 - Posted by | Coffee Break (B.Indonesia)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: