C76 Group

Clean & Health Business Centre

Cara menyampaikan SARAN dalam sebuah FORUM …. Jum’at, 23 April 2010

" Terima doong KRITIK sayaaa !! " pic:symptoms2

Mengkritik dan Mencela akan sama saja dampaknya yaitu membangkitkan sakit hati, tersinggung dan yang paling disayangkan adalah dapat meninggalkan KENANGAN BURUK bagi yang menerima kritikan …

Saya sangat MENYANGSIKAN  istilah yang mengatakan ” KALAU MAU MAJU, TERBUKALAH TERHADAP KRITIK !! ” …  atau istilah ” KRITIK YANG MEMBANGUN ” …

Sikap orang terhadap KRITIK adalah DEFENSIF dan bahkan LANGSUNG BERPIKIR untuk melakukan TINDAKAN OFFENSIF (menyerang balik KRITIKUS nya) …

Mungkin yang dimaksudkan adalah” KALAU MAU MAJU, TERBUKALAH TERHADAP SARAN “

Inilah cara MENYAMPAIKAN SARAN yang MEMBANGUN ….

1. Perkenalkan IDENTITAS Anda LEBIH DULU , dan BERKENALAN dulu dengan orang tersebut sebelum masuk dalam topik.

2. Sampaikan dengan SOPAN SANTUN yang sesuai dengan BUDAYA dan ADAT SETEMPAT

3. JANGAN MENYAMPAIKAN SARAN di FORUM TERBUKA, kecuali orang tersebut SETUJU Anda melakukannya …

4. PASTIKAN LEBIH DULU Anda MENGETAHUI  Apa yang akan Anda katakan/tuliskan … hindarkan ASBUN  (ASAL BUNYI) ..

5. PASTIKAN ANDA MEMILIKI SOLUSI yang BERMANFAAT bagi Orang tersebut / bagi pandangan MASYARAKAT … inilah INTISARI dari SARAN … sebuah SOLUSI,  yang bisa dipadukan, ditambahkan, atau bahkan menggantikan/menjadi alternatif dari apa yang menjadi PENDAPAT orang tersebut sebelumnya …

DENGAN MEMILIKI SOLUSI ini,  MEMASTIKAN ANDA FOKUS pada TOPIKnya … BUKAN ” ORANG” nya …

6. Sebutkan NAMA YANG BERSANGKUTAN SEBANYAK MUNGKIN saat menyampaikan saran, ini lebih elegan dibandingkan dengan menyebut kata ganti saja seperti … KAMU, ENGKAU, BAPAK, ANDA, SAUDARA, … tanpa menyebutkan namanya … itulah manfaat BERKENALAN DULU pada poin pertama

7. Akhiri dengan UCAPAN TERIMA KASIH setelah mengungkapkan SARAN

8. JIKA SARAN ini DIUNGKAPKAN di FORUM TERBUKA, sebelum meninggalkan FORUM, sebaiknya temui dulu orang tersebut untuk BERTERIMA KASIH kembali … ini menunjukan Anda seorang yang memiliki kepribadian yang cemerlang dan dapat membangun persahabatan dengan orang tersebut …

Ini sangat penting dalam membina hubungan antar manusia yang baik, dan relevan juga untuk diketahui dan dipelajari dalam salesmanship …. (sampai bertemu Selasa depan)

* Teriring ucapan terima kasih kepada motivator no.1 Indonesia, Bp. Andrie Wongso yang telah memuat artikel ini di situsnya www.andriewongso.com pada tanggal 15 November 2010

April 23, 2010 - Posted by | Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: