C76 Group

Clean & Health Business Centre

Hati-hati dengan HUTANG, Sabtu 21 Agustus 2010

Business Warriors yang PERKASA …

Saya sempat termenung ketika saya mendengar sebuah berita dari sebuah TV Swasta beberapa waktu yang baru lalu mengenai seorang Ibu yang terpaksa bunuh diri karena terjerat hutang sebesar Rp. 20.000,- (Rp. Dua Puluh Ribu).

Saya ingin berbagi tips, agar hutang tidak menjadi tragedi seperti kisah diatas …

1. JANGAN berhutang untuk MEMUASKAN selera konsumtif seperti beli HP yang mahal, TV flat yang besarnya minta ampun, lemari es ukuran SUPER JUMBO, beli MOTOR/MOBIL untuk sekedar bergaya/gengsi, dll

2. JANGAN berhutang kalau cicilannya lebih besar dari 20% (dua puluh persen income tetap Anda) kalau TERPAKSA Anda harus membeli barang yang sifatnya konsumtif diatas – lebih dari 20% dari income tetap Anda sungguh SANGAT SANGAT SANGAT BERBAHAYA !

3. SEBALIKNYA, kalau Anda menggunakan uang hutang untuk memperluas usaha Anda – pelajari terlebih dahulu segala peluang dan resikonya, KHUSUSNYA UNTUK PEBISNIS PEMULA sebaiknya prosentase peluang keuntungan Anda MINIMAL adalah 5 (lima) kali dari prosentase bunga pinjaman – kalau tidak, lebih baik pikir-pikir lagi sebelum berhutang.

4.SEBELUM memutuskan untuk  menggunakan uang hutang untuk konsumtif ataupun bisnis, sebaiknya KENALI lebih dulu diri Anda – maksudnya, kalau mental Anda mudah down sebaiknya jangan coba-coba berhutang apapun.

5. Kalau TERLANJUR BERHUTANG – KOMITMEN untuk mengembalikan setiap hutang yang Anda lakukan, selalu fokus untuk MEMPERKECIL jumlah pinjamannya, banyak orang yang TERLALU SAYANG untuk melunasi hutangnya ketika  memperoleh kesempatan untuk melunasinya.

6. Anda HARUS MENGETAHUI apa BEDANYA ASET dan LIABILITAS terlebih dulu sebelum BERHUTANG untuk  ….

a. BELI PROPERTY – kalau minat dan bisnis Anda BUKAN di REAL ESTATE, jangan membeli PROPERTY dengan UANG HUTANG !

b. BELI KENDARAAN – ukuran yang IDEAL adalah INCOME TETAP 5X dari ANGSURAN TETAP !!

c. BELI SAHAM/VALAS – demikian juga dengan “bisnis” VALAS, SAHAM dan SURAT BERHARGA lainnya, kalau jiwa Anda bukanlah TRADER, maka jangan pernah memaksakan diri Anda untuk berada di bidang ini, ingat yaa … INVESTOR itu tidak sama dengan TRADER.

d. BELI EMAS PERHIASAN – hati-hati dengan ONGKOS BIKIN yang terlalu besar, ketika Anda menjual kembali ini tidak akan dihitung (hilang)

Ini BEDANYA ASET dan LIABILITAS, jangan sampai Anda TERJEBAK dengan sembarang tawaran INVESTASI karena BELUM TENTU akan menjadi ASET bagi Anda …

ASET :

Anda mendapatkan UANG dari Produk yang Anda beli (Rumah untuk kost/sewa, mobil untuk bisnis antar jemput dll)

LIABILITAS :

Anda keluar UANG dari Produk yang Anda beli (Rumah yang harus anda bayar cicilannya terus menerus ketika ternyata tidak mendapatkan peminat untuk kost/sewa , idem dengan mobil dll)

7. Senantiasa bersyukur dengan apa yang Anda miliki, dan selalu belajar berbagi dengan orang yang belum seberuntung Anda dan jangan membiarkan seseorang BERHUTANG APAPUN pada Anda – kalau Anda RELA dan MAMPU untuk MEMBERI secara CUMA-CUMA !

8. Berhati-hati selalu ketika membelanjakan uang untuk sekedar pemuasan KESENANGAN, karena ini tidak pernah mengenal batasan anggaran dan selalu buta terhadap skala prioritas !!

Semoga bermanfaat

August 21, 2010 - Posted by | Motivasi & Business Wisdom (B. Indonesia), Personal (B.Indonesia and/or English)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: