C76 Group

Clean & Health Business Centre

PREVIEW … PREVIEW … buku “ZAMAN SEKARANG CARI KERJA itu GAMPANG”, oleh Samuel Tan, Minggu 14 November 2010

Nanti kalau sudah lulus, kita bisa laku kerja apa nggak ya ??

Saat masih menjalani kuliah saya yang pertama di STMIK-Indonesia, Jakarta (tahun 1986), dalam sebuah obrolan yang santai, seorang teman kampus saya berkata seperti ini …

“Nanti kalau sudah lulus, saya akan “laku” kerja apa tidak ya ?”

Walaupun saat itu kami hanya sekedar melakukan obrolan “ngalor-ngidul” (dari bahasa jawa yang artinya kesana-kesini tanpa tertuju pada suatu pokok bahasan tertentu) antar teman biasa, tak urung saya dan beberapa teman yang ada disitu sempat “terdiam” sesaat sebagai respon spontanitas atas statement tersebut.

Pada tahun itu (1986) jurusan Tehnik Informatika yang saya ambil masih merupakan jurusan yang relatif masih “baru” dan pangsa pasarnya masih sangat besar.

Walaupun demikian, masih terselip keraguan di hati teman saya tersebut yang tentu saja menjadikan keraguan yang sama tiba-tiba saja timbul di hati saya dan teman-teman yang lain.

Tanpa disadari oleh saya dan semua yang ada disitu, sangat mungkin keraguan yang sama juga sedang dialami oleh ratusan ribu atau bahkan jutaan mahasiswa (atau pelajar pada umumnya) yang tersebar di seluruh Indonesia …

“Nanti kalau sudah lulus, saya akan “laku” kerja apa tidak ya ?”

Mengapa harus ada keraguan seperti ini ?…

(diambil dari buku : ZAMAN SEKARANG CARI KERJA itu GAMPANG, oleh : Samuel Tan)

November 14, 2010 - Posted by | New & News (B.Indonesia and/or English)

No comments yet.

Leave a Reply

