C76 Group

Clean & Health Business Centre

Tehnik Bertukar Kartu Nama, Sabtu 4 Desember 2010

Kartu yang berukuran mungil ini, memuat banyak informasi awal tentang Anda, apa yang saat ini sedang Anda kerjakan, perusahaan Anda, dimana dan bagaimana caranya agar pelanggan dapat menghubungi Anda.

Anda harus memperlakukan kartu nama ini sebagaimana Anda memperlakukan sesuatu yang sangat berharga – demikian berharganya sehingga Anda akan begitu menjaganya dan merawatnya agar jangan sampai rusak.

Apa yang ada dalam benak Anda – ketika Anda melihat seseorang yang mengeluarkan kartu namanya dengan sikap “enggan”, kasar dan terkesan “memandang remeh” kartu namanya …

Atau sebuah kartu nama yang lusuh, luntur tintanya karena berkualitas jelek atau terkena tumpahan kopi waktu sarapan pagi, atau Anda menerima sebuah kartu nama yang penuh dengan coretan ….

Dengan segera Anda akan menilai bahwa orang tersebut tentunya bukanlah orang yang menghargai pekerjaannya – dan seseorang yang demikian dapatlah kita pastikan tidak akan mencintai apa yang sedang dilakukannya untuk mencari nafkah.

Kartu Nama Seorang Top Salesman selalu rapi dan bersih, terbuat dari bahan yang berkualitas baik dan selalu diperlakukannya dengan sangat hati-hati karena dia sangat menghargai dan mencintai pekerjaannya.

Seorang Top Salesman akan menghindari kesan pertama yang buruk dari seorang pelanggan – dan kesan yang buruk tentu saja sangat mempengaruhi prestasi dan reputasinya.

Bagaimana cara bertukar kartu nama seorang Top Salesman dengan pelanggannya ?

Seorang Top Salesman akan “menjepit” kedua ujung sisi kanan dan kiri kartu namanya (dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari), posisi kartu nama menghadap pelanggan dan menyerahkannya sambil memperkenalkan dirinya dan pekerjaannya.

Saat dia menerima kartu nama dari sang pelanggan, dia juga akan menerimanya dengan kedua tangannya, dan memberikan perhatian secukupnya akan informasi yang tercantum di kartu nama tersebut sebelum menyimpannya dengan baik.

Tip lanjutan bertukar kartu nama …

Kalau diantara Anda dan pelanggan ada sebuah meja, maka sebaiknya Anda mengikuti apa yang dilakukan oleh pelanggan Anda.

Kalau pelanggan Anda “meletakan” kartu nama Anda diatas meja dihadapannya selama perbincangan, maka sebaiknya Anda juga meletakannya diatas meja dihadapan Anda selama perbincangan tersebut berlangsung.

Tetapi …

Saat pelanggan Anda “menyimpan” kartu nama Anda (disakunya atau ditempat kartu namanya) maka Anda pun harus mengikuti apa yang dilakukannya dengan menyimpan baik-baik kartu namanya dalam saku Anda.

Tehnik bertukar kartu nama seperti ini merupakan tehnik yang berasal dari Jepang – namun saat ini telah digunakan oleh hampir seluruh perusahaan di dunia dan telah diakui sebagai tehnik bertukar kartu nama yang terbaik.

Selamat mencoba …

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

December 4, 2010 - Posted by | Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: