C76 Group

Clean & Health Business Centre

2 (Dua) Orang Raja, Jum’at 14 Januari 2011

Business Warriors yang perkasa …

Komitmen untuk dapat memberikan pelayanan yang tulus dan sebaik-baiknyalah yang mungkin melahirkan  sebuah kalimat perumpamaan bahwa “Pembeli adalah raja” ….

Bertahun-tahun yang lalu, saya sangat meyakini kebenarannya, hingga saya merasa bahwa bisnis yang “berat sebelah” seperti ini dalam kenyataannya juga menghadapi tantangan yang tidak mudah dan tidak pula sederhana untuk dapat berhasil.

Anggapan seperti ini bisa menumbuhkan sikap arogansi dari pihak pembeli, baik pada saat negosiasi maupun saat membina hubungan bisnis.

Beberapa tahun lamanya berada dalam dunia bisnis, saya pun mulai merubah sikap dan pendirian saya, dan saya memulai dengan sebuah paradigma baru bahwa hubungan penjual-pembeli seharusnya seperti 2 (dua) orang raja yang saling bertukar “cindera mata” … suasana yang terbangun akrab, sikap yang saling menghargai, rileks dan siapa sih penjual yang tidak tertekan kalau posisinya seolah harus rela berada “di bawah” sang pembeli.

Perlahan namun pasti, perubahan mulai terjadi, saya meyakinkan semua pelanggan saya bahwa kalau mereka tidak merasakan manfaat berbisnis dengan saya sebagai mitra bisnis yang saling menguntungkan, maka sebaiknya mereka tidak menghubungi saya lagi …

Demikian juga saya – saya jadi memiliki sikap dan keteguhan tanpa arogansi kalau seorang pembeli sudah “terlalu banyak maunya” dan hanya membuang energi dan waktu saya – saya akan memberikan advis padanya kalau sebaiknya dia mencari penjual yang lainnya saja.

Business Warriors yang perkasa ..

Tegakkan panji bisnis Anda hari ini … temui pelanggan Anda dengan paradigma baru … bahwa hubungan bisnis mulai hari ini akan dibangun dengan prinsip kesetaraan kepentingan yang sama dan saling menguntungkan …

Sebagaimana 2 (dua) orang Raja yang bertemu dan saling bertukar “Cindera Mata”

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

* Teriring ucapan terima kasih kepada motivator no.1 Indonesia, Bp. Andrie Wongso yang telah memuat artikel ini di situsnya www.andriewongso.com pada tanggal 14 Januari 2011

January 14, 2011 - Posted by | Motivasi & Business Wisdom (B. Indonesia), Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

1 Comment »

  1. Hidup adalah anugerah

    Comment by rony kurniawan | January 21, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: