C76 Group

Clean & Health Business Centre

Speak Out … please , Sabtu 29 Januari 2011

Business Warriors yang perkasa …

Seorang mentor dalam bidang pendidikan pernah berbagi cerita kepada saya mengapa orang dengan “didikan Barat” jauh lebih “berani” dan tampak terbiasa dalam mengemukakan pendapat dibandingkan dengan “didikan Timur”.

Khususnya beliau mencermati rekan sekerjanya dulu saat masih bekerja di sebuah perusahaan Multinasional yang sangat besar … beliau mengatakan kalau dibandingkan dengan orang Barat atau bisa juga orang Indonesia yang lama tinggal di Barat, kita termasuk orang yang “lebih banyak diam” kalau sedang dimintakan sebuah pendapat … kebanyakan hanya senyum-senyum “penuh arti” ….

Apa yang sedang terjadi atau mengapa ini bisa terjadi ?

Sejak kecil kita terbiasa untuk “dipaksa diam” kalau orang tua /guru/orang yang “dituakan” sedang berbicara (sedang mengemukakan pendapatnya) … kalau kita “berani” sedikit saja ber “komentar” maka kita bisa kena marah habis-habisan …

Ini TEREKAM dalam pikiran kita hingga kita dewasa dan sekalipun lingkungannya sekarang sudah jauh berbeda, tetap saja kita merasa “takut kena marah” kalau seseorang yang “dituakan” sedang “bicara”.

Saya selalu berusaha meyakinkan setiap orang kalau tidak ada sebuah pendapat pun dari  Individu yang salah atau boleh disalahkan …

Kebenaran sebuah pendapat yang dianggap Obyektif  itu adalah persepsi/sebuah kesepakatan milik publik , bukan milik Individu, tidak tepat kalau orang mengatakan pendapat si A benar/bagus sedangkan si B pendapatnya salah/jelek hanya didasari pemikiran/pendapat Individu.

Business Warriors yang perkasa …

Bagaimana pendapat Anda ?

Semoga bermanfaat – salam sukses selalu

January 29, 2011 - Posted by | Motivasi & Business Wisdom (B. Indonesia), Personal (B.Indonesia and/or English), Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: