C76 Group

Clean & Health Business Centre

Coffee Break, ROARR .. HRRGH .. MARAH !!… Sabtu 26 Februari 2011

Ada 3 (tiga) jenis emosi yang bisa sangat spontanitas dan sangat ekspresif pada manusia yaitu : Gembira, Sedih dan Marah.

Spontanitas karena bisa tiba-tiba kita rasakan karena sebuah kondisi tertentu dan ekspresif karena orang yang mengalaminya nyaris tidak bisa menggunakan akal sehatnya.

Orang yang terlalu gembira, terlalu sedih atau terlalu marah bisa demikian larut dalam emosinya sehingga akal sehatnya tidak bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya sehingga bisa melakukan suatu perbuatan tertentu yang bisa sangat merugikan dirinya sendiri.

Diantara ketiga jenis emosi tersebut, MARAH adalah yang paling unik dan seringkaliĀ  diartikan sebagai satu-satunya “emosi” (padahal ini kurang tepat) … kalau orang sedang marah, disebut sedang emosi, demikian kira-kira.

Marah merupakan satu-satunya emosi yang masih bisa kita kendalikan sepenuhnya, bahkan “Amarah” pada orang lain pun bisa kita hindari dan bisa kendalikan dengan cara yang teruji dan sederhana melalui sikap dan cara kita berbicara.

Kita bisa meredam kemarahan pada diri sendiri dengan memupuk kesabaran dalam diri kita dan selalu berpikir positif tentang sesuatu hal sedangkan untuk meredam kemarahan orang lain, adalah dengan merendahkan volume suara dan memperlambat irama bicara kita sekaligus dan biasanya bahasa tubuh kita juga menjadi rileks dan santai dan sebagai reaksinya maka orang yang tadinya “ingin marah” pun menjadi ikut-ikutan rileks dan merasa santai (tidak jadi marah).

Semoga bermanfaat-Salam Sukses Selalu

February 26, 2011 - Posted by | Coffee Break (B.Indonesia)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: