C76 Group

Clean & Health Business Centre

Coffee Break … Quantum Learning (2) … Selasa 8 Maret 2011

Ada 2 (dua) bagian dalam tubuh manusia yng sangat mempengaruhi “kenyamanan” kita dalam menyerap suatu pembelajaran, kedua bagian ini saling berinteraksi dan saling melengkapi … dan kedua bagian tubuh manusia ini memiliki kemampuan untuk menggambar” (atau istilah lainnya memetakan, memvisualisasikan, melukiskan, mewujudkan – tidak semua kata tersebut bisa mewakili 100% dari apa yang saya maksudkan, tapi setidaknya bisa membantu kita untuk memahaminya lebih lanjut).

Kedua bagian tersebut adalah

1. Otak , ini berkaitan dengan kontrol fisik

2. “Hati” (bukan hati yang mengacu maksud sebuah organ tubuh manusia) , ini berkaitan dengan kontrol emosi.

Sederhana sekali, orang yang emosinya sedang tidak stabil dan acak-acakan jangan berusaha untuk mempelajari apapun karena otaknya bakal menolak sebaliknya seorang dengan otak yang cemerlang, pintar, berbakat juga harus memiliki pengendalian emosi yang baik …

Contohnya kepintaran otak digunakan untuk membuat nuklir itu BAIK, kalau nuklirnya digunakan sebagai sumber energi yang menggerakan turbin atau digunakan sebagai pembangkit listrik … tapi kalau kemudian kontrol emosinya tidak terkendali, nuklir tersebut bisa digunakan sebagai senjata untuk membunuh dirinya sendiri dan membunuh sesama manusia.

Otak dan Hati ini masih harus “dibungkus” dengan sebuah “kemasan supranatural” yang unik agar bukan hanya bersifat bermanfaat bagi kehidupan tetapi juga sebagai sebuah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas diberikannya kedua hal penting ini…ini kita sebut sisi Rohani dari manusia (atau satu-satunya “istilah” yang paling tepat adalah IMAN).

Berpikir, Ber’emosi” yang secara totalitas kita tujukan untuk kebaikan umat manusia sebagai bagian wujud ucapan syukur manusia kepada Tuhan inilah yang mendasari sebuah metode pembelajaran yang disebut metode pembelajaran yang bersifat HOLISTIK -> utuh -> MENYELURUH … dan dipercaya akan membangkitkan POTENSI SEBENARNYA dari seorang manusia ….

Apa maksud potensi yang sebenarnya ? Dalam skala maksimal 100% … rata-rata kemampuan yang pernah dikerahkan oleh seorang manusia hanyalah berkisar 10% (ideal) hingga 20% (istimewa seperti Newton, Beethoven, Mozart, Thomas Alva Edison, Pascal. Albert Einstein atau Stephen Hawking dll) …

Angka 10% ini target yang ideal, karena sulit untuk tercapai tanpa dukungan metode diatas, jangan kecewa yaa … angka ini SULIT tercapai karena masih dikurangi faktor-faktor psikologis yang buruk seperti rasa malas, merasa sudah cukup “pinter” / menolak untuk terus belajar, semau gue (sulit untuk diajari/menerima pembelajaran) dll … jadinya, rata-rata manusia “diperkirakan” hanya menggunakan sekitar 3% hingga 6% dati POTENSI nya tersebut di seumur hidupnya … 3% to 6% only ?? OMG !! (bersambung)

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

March 8, 2011 - Posted by | Coffee Break (B.Indonesia)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: