C76 Group

Clean & Health Business Centre

Jangan “Sok Tahu” … Selasa 5 April 2011

Business Warriors yang perkasa …

Adakalanya kita mendapatkan pertanyaan dari seorang pelanggan/dari seseorang mengenai suatu produk/jasa yang kita jual (atau bisa juga mengenai hal-hal lain diluar produk) yang rasanya kok sangat sulit untuk dijawab  …

Apapun itu, jika suatu ketika Anda dihadapkan pada situasi yang seperti ini, maka jalan yang terbaik untuk “menjawab pertanyaan sulit itu” adalah dengan mengakui kalau pada saat itu Anda benar-benar BELUM tahu jawabannya dan SEGERA akan menghubungi sang pelanggan manakala Anda sudah mengetahuinya.

Sikap yang harusnya dihindari dalam menghadapi situasi seperti ini adalah mengatakan TIDAK TAHU atau hanya “terdiam dan cengengesan tanpa makna”, karena mengundang persepsi yang hampir mirip dengan TIDAK MAU TAHU dalam benak lawan bicara Anda dan satu lagi adalah sikap SOK TAHU … yang penting menjawab, benar atau salah urusan belakangan …

Dengan mengatakan BELUM TAHU, membangun persepsi dalam benak pelanggan Anda bahwa Anda sebenarnya mengetahui banyak hal “selain” pertanyaan tersebut dan tidak akan membuat Anda terlihat bodoh di hadapan lawan bicara Anda.

Namun sebagai konsekuensi logisnya, Anda harus segera mencari jawaban dari pertanyaan yang “menggantung” tersebut serta secepat mungkin menghubungi pelanggan Anda ketika Anda telah mengetahui jawaban yang tepat atas pertanyaannya “tempo hari”.

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

April 5, 2011 - Posted by | Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: