C76 Group

Clean & Health Business Centre

Coffee Break … Korban Iklan … Rabu 6 April 2011

Selamat pagi sahabat … bagi Anda yang telah membaca artikel yang pernah saya tulis di blog sederhana saya ini yang judulnya “Antara Trik dan Tehnik”, pasti bisa mengambil intisari pesan saya bahwa orang HARUS memahami apa yang dia inginkan untuk sukses … TRIK ataukah TEHNIK untuk sukses ? (yang belum baca klik disini)

Pebisnis yang berpikir jangka panjang, tidak akan pernah coba-coba untuk melakukan TRIK dalam menjaring konsumennya, dan dalam Ilmu Marketing pun telah banyak sekali disinggung bahwa yang kita jual itu sebenarnya bukanlah produknya tetapi manfaatnya (dan NILAI TAMBAH nya).

Publikasi sebuah produk boleh menggunakan informasi yang bersifat superlatif , 2 (dua) contoh publikasi (iklan) yang terekam di otak saya misalnya : Rinso membersihkan paling bersih, Ada Nggak yang lebih bagus dari HIT ? Yang lebih mahal banyak ! (Saya pikir kedua produk tsb cukup memahami nilai tambah yang mereka punya / informasinya tidak bermaksud menipu publik = boleh dibuktikan kebenarannya)

Publikasi sebuah produk boleh menggunakan bahasa yang bermakna mengajak, menganjurkan dll

Yang tidak boleh adalah yang bersifat MENIPU PERSEPSI PUBLIK, contohnya surat “kejutan” kalau kita mendapat hadiah TV … dengan sukacita kita datang ke perusahaannya, dan dengan “tenang” nya mereka bilang, beneran pak TV nya boleh dibawa pulang … asalkan bapak membeli A, B C dll (Hadiahnya tidak Gratis artinya = TIDAK ADA hadiah apapun)

Contoh yang lain misalkan tentang KESEMPATAN KERJA yang enak, gajinya besar (dalam USD/EURO) di kapal pesiar/hotel berbintang di luar negeri .. DAFTARNYA GRATIS … namun setelah kandidatnya datang kesana, mereka harus mengeluarkan uang JUTAAN RUPIAH untuk berbagai janji surga yang tidak jelas, setelah itu pengelola perusahaannyapun RAIB ditelan dosa dan kutuk sumpah serapah para korbannya.

Contoh yang lain lagi misalkan tentang AJAKAN PELUANG INVESTASI (Emas, Rumah, Mobil, Motor, Kebun, dll) , ternyata hanya skema arisan berantai dan semacamnya ..

Ada 2 (dua) pesan iklan yang sangat bijak seperti TELITI SEBELUM MEMBELI dan Kami memberikan BUKTI bukan JANJI (Nah .. temukanlah BUKTInya dulu kalau begitu dunk tanpa bukti = omong kosong)

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

April 6, 2011 - Posted by | Coffee Break (B.Indonesia)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: