C76 Group

Clean & Health Business Centre

Coffee Break … Ulangan Mendadak … Hari, Tanggal, Bulan, 1985

Selamat pagi sahabat … kalau Anda perhatikan pada judul postingan saya pagi ini, saya menuliskan tahunnya 1985 dan bukan 2011, saya memang “sengaja” mengajak Anda pada salah satu peristiwa yang terkenang dalam memori saya ketika masa SMA dulu.

Kisahnya begini … Sebagaimana biasanya, saya selalu mencari sekadar jajanan kecil ketika waktunya istirahat, makan baso atau cukup dengan kue kantin sekolah, apapun yang penting perut tidak keroncongan.

Dan kebiasaan saya yang lainnya, saya tidak pernah berlama-lama menghabiskan waktu saya  di kantin, biasanya segera setelah makan, saya ke ruang perpustakaan sekolah atau kembali ke dalam kelas.

Tetapi hari itu sungguh di luar kebiasaan saya, karena kantinnya “kebetulan” pagi itu tampak lebih padat antrian , entah karena pada hari itu saya sangat lapar dan haus, saya jadi “terlalu lama” menghabiskan waktu di kantin.

Hanya sekitar 2 (dua) atau 3 (tiga) menit sebelum bel masuk, saya kembali ke kelas, dan sebagian besar teman sekelas saya sedang tekun membaca …. ternyata pada hari itu ada ULANGAN MENDADAK yang akan dilangsungkan setelah jam istirahat …. tentu saja saya terkejut bukan main, kalau saja tadi saya tidak berlama-lama di kantin pasti saya masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik, begitu sesal saya ketika itu.

Singkat cerita, ulangan benar-benar jadi dilaksanakan, dan saya sangat mensyukuri 2 (dua) hal … pertama : nilai saya masih oke (diatas 90), dan kedua : saya bukan tipe pelajar yang bisa menghafal/memahami segala sesuatunya secara mendadak !

Saya lebih suka belajar sedikit demi sedikit setiap hari, saya mengulangi semua pelajaran setiap hari di rumah dan dari sinilah kelak saya memahami artinya persiapan terbaik adalah persiapan yang kita lakukan secara terus menerus hingga menjadi suatu kebiasaan.

Seorang yang bermental juara, tidak hanya terfokus pada hari pertandingannya saja … tetapi juga terfokus untuk melakukan persiapan diri yang terus menerus … menempa dirinya dengan keras dan disiplin secara terus menerus … berlatih dan terus berlatih, hingga dia tidak perlu cemas kapan waktunya dia akan menjadi seorang juara sejati.

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

April 9, 2011 - Posted by | Coffee Break (B.Indonesia)

No comments yet.

Leave a Reply

