C76 Group

Clean & Health Business Centre

TERSANJUNG … Selasa 26 April 2011

Business Warriors yang perkasa ….

Bagi orang yang berprofesi sebagai seorang salesman yang sering melakukan kunjungan kerja di tempat para pelanggannya seringkali bisa merasa “down” manakala pada suatu kesempatan melakukan presentasi ternyata pihak pesaing datang ke seorang pelanggan atau katakanlah calon pelanggan berprospek dengan “kekuatan penuh”.

Tanpa dapat di duga sebelumnya, pesaingnya hadir lengkap dengan Manager dan Direkturnya untuk membawakan presentasi mereka, sedangkan “jabatan” yang disandangnya hanya seorang Sales Representative !

Kondisi yang mirip dengan ini pernah saya alami sendiri pada saat memulai karir saya dulu sebagai seorang salesman “pemula” … ketika itu pengetahuan salesmanship saya masih nol besar dan perusahaan tempat saya bekerja tidak membekali apapun mengenai ketrampilan salesmanship ini.

Mendapatkan “lawan” (pesaing) yang tampil full team dengan performance yang sangat perlente ini justru membuat saya tersanjung … waktu itu mendadak rasa percaya diri saya naik berpuluh kali lipat karena saya berpikir mereka demikian seriusnya mempersiapkan diri untuk “menghadapi” saya yang hanya seorang salesman pemula.🙂

Ada sebuah “berkat Tuhan yang tersembunyi” bagi saya dari peristiwa ini … karena saya mendapatkan giliran kedua setelah mereka, saya jadi memiliki “kesempatan” belajar kilat dari cara-cara mereka melakukan presentasi !

Sejak peristiwa itulah saya semakin tekun belajar mengenai salesmanship dari berbagai sumber untuk pengembangan diri saya.

Business Warriors yang perkasa …

Seorang salesman seniorpun (bahkan telah mencapai level manajerial) masih seringkali “goyah/grogi” bila menghadapi lawan yang tampil secara “total full team” seperti ini …

Mulai hari ini, ganti segera perasaan grogi tadi dengan perasaan tersanjung … dan katakan dalam hati seperti ini …”Begitu seriusnya mereka untuk menghadapi saya disini” … dan rasakan performance Anda mendadak meningkat berpuluh kali lipat 

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

April 26, 2011 - Posted by | Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

No comments yet.

Leave a Reply

