C76 Group

Clean & Health Business Centre

Menjual Sample Produk … Senin 2 Mei 2011

Business Warriors yang perkasa ….

Belasan tahun yang lalu, saya “menemukan” cara promosi sekaligus cara penjualan yang menarik di arena PRJ (Pekan Raya Jakarta) yaitu di sebuah stand produsen aneka macam consumer goods (shampoo, sabun cuci, sabun mandi dll).

Caranya adalah disamping melakukan demonstrasi keunggulan produk mereka, mereka juga “mengemas” beraneka ragam produk yang dihasilkan oleh pabriknya dalam kemasan kecil yang menurut saya lebih cocok untuk disebut sebagai kemasan “sample”.

Jadi dalam 1 (satu) paket belanja dengan harga tertentu, para peminat bisa mencoba dirumah mereka masing-masing beraneka ragam produk yang dihasilkan oleh pabrik mereka.

Misalkan dengan harga cukup Rp. 25.000,- (dua puluh lima ribu) / paketnya, para peminat telah mendapatkan sabun mandi, pasta gigi, sabun cuci piring, pembersih lantai, pengharum cucian, deterjen dll dalam kemasan-kemasan mungil yang “lucu”.

Cara ini pernah saya coba pergunakan untuk melakukan penjualan bahan kimia yang kemasan “asli” nya adalah 200 kg/drum … tetapi saya berhasil meyakinkan calon pelanggan untuk membelinya sedikit terlebih dahulu dalam “kemasan kecil yang lucu” (jirigen 20 kg) untuk “di uji coba” penggunaanya di pabrik mereka.

Saya berhasil menghemat “anggaran pemberian sample cuma-cuma” dan menggantikannya dengan “penjualan” …cara saya ini sedikit merepotkan staff akunting, tetapi mendapatkan dukungan yang cukup baik dari direksi calon pelanggan.

Melalui cara ini pada akhirnya calon pelanggan tersebut bisa mendatangkan “pesanan rutin” dalam jumlah yang besar (jumlahnya ratusan drum / tahunnya).

Business Warriors yang perkasa

Kalau Anda ingin berhasil melakukan penjualan besar – fokuslah bagaimana caranya agar calon pelanggan dapat “secepatnya” melakukan pembelian kecil lebih dulu (bukan hanya “minta dan terus minta” sample gratisan !)

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

May 2, 2011 - Posted by | Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: