C76 Group

Clean & Health Business Centre

Diskon VS Ekstra Kuantiti … Kamis 5 Mei 2011

Business Warriors yang perkasa …

Ada kalanya seorang pelanggan meminta potongan harga /diskon atas sejumlah pembelian (berkala) tertentu, dan kalau memang harga jual kita “masih masuk” biasanya dengan senang hati kita akan mengabulkannya.

Sejumlah potongan harga (yang dihitung dari total harga pembelian) akan langsung berimbas pada menurunnya margin (profit) yang akan kita terima.

Sebelum Anda mengabulkan permintaan potongan harga dari para pelanggan Anda, cobalah untuk memberikan”penawaran” pada pelanggan Anda sejumlah “Ekstra Kuantiti” sebagai ungkapan rasa terima kasih Anda atas bisnis yang telah terjalin dan sebagai pengganti sejumlah diskon yang mereka inginkan.

Dampak pemberian Ektra Kuantiti ini jelas tidak sama dengan dampak pemberian diskon pada tingkat keuntungan Anda … contohnya : Diskon 10% (dari harga jual) nilainya jauh lebih besar daripada pemberian 10% ekstra kuantiti, ini dikarenakan “modal dasar sebenarnya” yang harus Anda bayar mungkin hanya 30% saja (artinya 30% dari 10% = 3.33%) – sehingga Anda masih dapat mempertahankan tingkat margin (profit) Anda sebesar 6.7% !

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

May 5, 2011 - Posted by | Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: