C76 Group

Clean & Health Business Centre

Membangun Negosiasi Penjualan Pada Tahap Akhir (Closing) … Jum’at 7 Oktober 2011

Business Warriors yang perkasa ….

Setelah Anda memahami kunci penting bagaimana caranya membangun negosiasi pada tahap awal, bagaimana cara membangun negosiasi penjualan pada tahap follow up, sekarang saya akan mengulas bagaimana membangun negosiasi pada tahap akhir (closing).

Ketrampilan yang paling penting dari yang penting dan harus dikuasai salesmanl pada tahap ini adalah menahan diri untuk banyak berbicara selama pelanggan menghadapi/menandatangani surat kontrak/surat pemesanan barang.

Anda cukup berdiam diri dengan rileks, tidak banyak cakap (lagi), tatapan mata tertuju bergantian antara wajah pelanggan dan kertas kontrak yang Anda berikan dengan wajar … dan biarkan pelanggan menyelesaikan apa yang menjadi bagiannya.

(Terutama) Dalam penjualan 1 on 1 – ketrampilan ini harus dikuasai dengan baik, saya sering menemukan salesman yang sudah hampir menutup penjualannya tetapi pada akhirnya gagal hanya dikarenakan dirinya tidak mampu menahan diri untuk terus berbicara dan terus saja ingin berbicara .

Beberapa poin penting melakukan negosiasi pada tahap akhir adalah …

1. Pastikan Anda telah mempersiapkan surat pemesanan produk sebelumnya dengan baik dan lengkap tiap halamannya/tiap detilnya (terutana penjualan melalui tatap muka secara langsung)

2. Pastikan Anda telah mempersiapkan tools pendukung yang penting seperti : ballpoint representatif yang lancar (tintanya tidak habis atau ballpointnya tidak macet), materai secukupnya (bila diperlukan) dll

3. Pastikan pelanggan mendapatkan suasana yang hening, rileks dan nyaman – ini saatnya salesman harus menahan diri untuk berbicara, perhatikan sikap dan bahasa tubuh Anda – jangan melakukan gerakan yang tidak perlu seperti membolak balik agenda, membereskan isi tas, mengetuk-ngetukan jari di meja, “memainkan” laptop/HP (HP sebaiknya dalam mode silent) dll

4. Pastikan Anda memperlakukan surat kontrak/surat penjualan dengan sangat hati-hati sebagaimana Anda sedang memegang sesuatu benda/surat yang sangat penting dan sangat berharga.

5. Ucapkan terima kasih pada pelanggan Anda minimal 2 (dua) kali – pertama pada saat kontrak telah ditanda tangani, kedua pada saat Anda mengakhiri kunjungan.

Sekarang saatnya kita menjual …

Happy Selling time …

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

Adv : WIKA – Pemanas Air Tenaga Surya, ALGA MAGNETIC, Honeywell – Turbin Angin, ALLSTEEL – Panel Surya, Dunlopillo – Kasur Latex, HOME SAUNA – Design,Contractor, Supply

October 7, 2011 - Posted by | Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: