C76 Group

Clean & Health Business Centre

Price and Value (bagian 1) …. Rabu, 19 Oktober 2011

Business Warriors yang perkasa …

Price and Value merupakan  2 (dua) hal yang berbeda tetapi “terlanjur” dianggap sama dalam lingkup kehidupan berbisnis.

Kita sering menemukan fakta kalau perusahaan berusaha untuk meningkatkan value sebuah produk / layanan itu serta merta berati harus berbanding lurus dengan kenaikan pricenya.

Secara sederhana ukuran/parameter price (harga) itu sebenarnya hanya ada 2 (dua) , yaitu :

1. Cost (biaya investasi) & Benefits (manfaat) dan

2. Competition (pesaing & kondisi persaingan bisnis)

Penjual dan pembeli, dalam posisinya masing-masing melakukan perhitungan yang cermat mengenai seluruh komponen biaya investasi yang harus dikeluarkan dan melakukan perhitungan yang cermat mengenai seluruh kemungkinan manfaat yang “seharusnya/sepantasnya” secara maksimal dapat mereka peroleh …

Sekaligus …

Melihat kiri dan kanan, berapa price yang ditawarkan oleh para pesaing untuk produk yang “sama” – semua orang tidak suka/menghindari untuk membayar “kemahalan” bukan ?

Price adalah sesuatu yang sangat rasional, yang harus berdasarkan fakta obyektif dan yang sangat matematis (yang berhubungan dengan angka-angka), penjual yang sukses menjual pada seorang yang price oriented harus terampil menggunakan pendekatan yang serba rasional, serba obyektif dan serba matematis.

Seseorang yang membeli/menjual sesuatu dengan melakukan orientasi lebih banyak pada cost & value dan kompetisi saja – orang tersebut tentunya merupakan seorang yang price oriented … cara berpikirnya sangat sederhana dalam menentukan sebuah pilihan … harga cocok – kami beli/jual.

Sedangkan Value … kita akan bahas kemudian dalan bagian 2 (bersambung)

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

Adv : WIKA – Pemanas Air Tenaga Surya, ALGA MAGNETIC, Honeywell – Turbin Angin, ALLSTEEL – Panel Surya, Dunlopillo – Kasur Latex, HOME SAUNA – Design,Contractor, Supply

October 19, 2011 - Posted by | Handling the Competitors (English), Marketing, Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: