C76 Group

Clean & Health Business Centre

Perlukah Memberikan Sebuah Garansi pada Konsumen?, Jum’at 18 November 2011

Business Warrior yang perkasa ..

Ada banyak orang yang bertanya ” pak Tan, perlukah kita memberikan Garansi kepada konsumen ? “

Jawab saya selalu “bergantung pada jenis produknya dan klausul garansinya” , dengan demikian sebagai produsen kita harus memahami dengan baik agar tidak terjebak dalam memberikan sebuah garansi – alih alih konsumen bukannya puas malahan “ketakutan” untuk membeli.

Contoh 1. Garansi Kepuasan Pelanggan

Ini statement yang sangat bias … karena Garansinya bersifat obyektif tetapi menjamin kepuasan pelanggan yang bersifat subyektif, akan lebih baik diberikan sedikit deskripsi tambahan seperti dibandingkan membeli produk lain yang “setara” dsb.

Contoh 2. Garansi Pasti Bisa / Pasti Lulus

Ini juga bukan statement yang disarankan … tidak ada guru dan atau tidak ada metode apapun yang mampu merealisasikan hal ini – 80% tanggung jawab bisa atau tidak bisa , lulus tidak lulus itu bergantung pada usaha muridnya .. bagi pemilik kursus / bimbel dan semacamya sebaiknya juga memberikan klausul yang lebih spesifik pada saat menerima seorang calon peserta / calon murid.

Garansi 3. Pasti Top 10 Search Engine

Ini juga bisa menjadi bumerang bagi pemilik jasa / pemilik produk … GOOGLE sebagai market leader search engine dunia yang menurut data statistik terakhir menguasai 65% pangsa pasar search engine sudah sering menghimbau agar perusahaan SEO maupun rekanannya TIDAK memberikan Garansi PASTI bisa TOP 10 Google apalagi TOP Ranking 1 Google.

Harus dipahami, kalau Google merupakan perusahaan yang dinamis, dan konon paling sering mengupdate logaritmanya sehingga lebih aman terhadap situs-situs “Cowboy” yang hit and run , situs yang sarat teknik black hat SEO atau situs yang contentnya hanya copy paste yang dianggap tidak memberikan manfaat bagi publik.

Bagi perusahaan SEO, sebaiknya memberikan sedikit batasan Garansi pada calon kliennya seperti search engine mana yang akan lebih mereka prioritaskan? Apakah Google atau Yahoo atau Bing dsb.

Hal ini disebabkan karena logaritma Google sama sekali berbeda dengan logaritma Yahoo dan search engine lainnya. Perumpamaannya adalah sangat sulit menangkap “dua kelinci besar” yang sama-sama gesit dan lincah larinya secara bersamaan🙂

Business Warriors yang perkasa …

Hanya Garansi yang Tepat yang akan memberikan Manfaat yang Dahsyat

Semoga Bermanfaat – Salam Sukses Selalu

Sponsorship  : WIKA – Pemanas Air Tenaga Surya, ALGA Spring Bed, DUNLOPILLO Kasur Latex, ALLSTEEL Panel Surya, HONEYWELL – Turbine Angin Penghasil Listrik

November 18, 2011 - Posted by | Marketing, Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: