C76 Group

Clean & Health Business Centre

Mengembangkan Kemampuan Negosiasi Bisnis, Senin 6 Februari 2012

Business Warriors Yang Perkasa …

Bagaimana caranya agar kita dapat melakukan Negosiasi Bisnis yang hampir selalu berhasil … Inilah yang selalu menjadi harapan para pebisnis dalam melakukan deal-deal negosiasi.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda pahami dalam melakukan Negosiasi Bisnis, diantaranya :

1. Buatlah Perencanaan Negosiasi dengan Sistematis – tentukan poin-poin penting yang akan menjadi topik negosiasi, termasuk cost and benefits, point of value, business draft dll

2. Ketahuilah siapa dan atau posisi strategis yang menjadi negosiator dari pihak rekanan misalnya : Latar belakang kewarganegaraannya (Indonesia atau non Indonesia) karena sangat menentukan “cara berpikirnya” dan pola atau teknik favorit yang akan dimainkannya.

Posisi strategisnya  bisa berkaitan dengan jabatannya, usianya dan peranan pentingnya (Owner, Share Holder, Manager atau Konsultan Hukum/Konsultan Bisnis) – Ini juga akan berpengaruh pada gaya negosiasi yang akan Anda mainkan dan “kelincahan” Anda dalam melakukan manuver negosiasi.

3. Ketahui “Jumlah Personil” dari pihak rekanan bisnis yang akan melakukan negosiasi dengan Anda, apakah 1 (satu) orang ataukah 1 (satu) Decision Making Unit (DMU) yang bisa terdiri dari beberapa orang.

4. Perhatikan pilihan waktu negosiasinya – jangan memilih waktu yang kurang menguntungkan karena harus mengalami jeda seperti “waktu makan siang” dll

5. Tentukan siapa teamwork Anda, apakah Anda akan datang sendiri atau bersama rekan, seperti teknisi, direksi, dll

6. Perhatikan posisi dan urutan duduk pihak rekanan yang melakukan negosiasi dengan 1 (satu) Decision Making Unit, biasanya pengambil inisiatif terbesar memilih tempat duduk paling dekat dengan pihak Anda.

7. Apabila Anda menghadapi 1 (satu) DMU dari pihak rekanan, maka perhatikan juga pola negosiasi sampai Anda menemukan siapa Decision Play Maker yang “sesungguhnya” 

8.  Perhatikan kontak mata Anda dan pada setiap personil dari pihak rekanan, Anda akan bisa “meraba-raba” masing-masing peranan negosiator dari pihak rekanan.

Semoga bermanfaat – Salam Sukses Selalu

Mau Info INHOUSE TRAINING / SEMINAR oleh Samuel Tan ?

Ingin MELESATKAN PROFIT BISNIS hingga RIBUAN PERSEN dalam 6 (enam) Bulan ?

PELAJARI TEKNIKNYA HARI INI JUGA

February 6, 2012 - Posted by | Handling the Competitors (English), Human Relationship (B. Indonesia), Marketing, NLP-Neuro Linguistics Programming (B.Indonesia), Salesmanship (B. Indonesia and/or English)

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: